Kamis, 20 September 2012

Class, Method, Constructor, Modifier & Object (II)

Akhirnya tiba saat'a tuk memposting materi perkuliahan Java minggu kemarin.

A.  Class
     Class merupakan suatu "blueprint" atau "cetakan" untuk menciptakan suatu instant dari object. Class juga merupakan grup suatu objek dengan kemiripan atribut/ properties, behavior dan relasi ke objek lain.
Deklarasi class pada java :
[modifier1] class namakelas [modifier2]{
class body;
}
contoh : class buah

B.  Method
    Method adalah suatu operasi berupa fungsi - fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefenisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Deklarasi method pada java :
[modifier1] tipenilaikembalian namamethod (parameter input){
method body;
}
contoh : method jenisbuah pada class buah

C.  Object
     Object adalah instance dari class. Jika class secara umum mempresentasikan sebuah objek, maka object adalah representasi nyata dari class tersebut.
Instansiasi (pembuatan) objek di java :
namakelas namaobjek = new namaconstructor();
atau
namakelas namaobjek;
namaobjek = new namacontructor();
contoh : object anggur dari class buah

D.  Construktor
   Construktor adalah method yang namanya sama dengan nama class dimana construktor itu berada. Construktur digunakan untuk menginisialisasikan nilai awal (memberikan nilai default) pada atribut - atribut yang dimiliki oleh objek itu pertama kali dibuat.

E.  Modifier
     Modifier adalah sifat yang dimiliki setiap atribut, method maupun class dalam java.
     Beberapa modifier yang biasa digunakan pada java adalah :
  • Public, modifier yang digunakan agar suatu atribut, method maupun class dapat diakses oleh kelas yang sama, antar kelas dalam package yang sama, subkelas di package yang berbeda maupun bukan subkelas di package yang berbeda.
  • Protected, modifier yang digunakan agar suatu atribut, method maupun class dapat diakses oleh kelas yang sama, antar kelas dalam package yang sama, subkelas di package yang berbeda.
  • Default, modifier yang digunakan agar suatu atribut, method maupun kelas dapat diakses oleh kelas yang sama, antar kelas dalam package yang sama.
  • Provate, modifier yang digunakan agar suatu atribut, method maupun kelas dapat diakses oleh kelas yang sama.
  • Static, modifier yang digunakan agar suatu atribut, method maupun kelas dapat diakses oleh kelas lain meski tidak dilakukan instansiasi terhadap kelas tersebut. Method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
  • Final, modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut, method maupun kelas, dimana nilainya akan menjadi konstan.
sebagai latihan, ketikkan syntax berikut : 

maka hasilnya :






hasilnya seperti gambar diatas, karena pada syntax class disket tidak terdapat method main sehingga syntax tersebut masih belum menjadi class utama.

untuk melengkapi syntax tersebut, buatlah file baru untuk syntax berikut :

















Maka hasilnya













karena class maindisket sudah memiliki method main, dimana class maindisket memanggil class disket melalui object disk1.

Untuk mencoba menggunakan konstruktor, ketikkan syntax berikut ini pada baris 7 di file disket.java (diantara string data = " " dengan void simpandata(String data1){
disket(){
panjang = 100;
}
disket (int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
lalu compilekan kembali file disket.java dan maindisket.java lalu run kan kembali dari maindisket.java.
Maka hasilnya adalah
atribut panjang menjadi 100 karena nilai atribut panjang telah dirubah di bagian konstruktor disket.

Selanjutnya kita akan mencoba untuk membuat konstruktor dimana konstruktor ini merubah nilai parameter dari method.
ketikkan syntax ini pada bagian ke 3 dari maindisket.java (ubah disket disk1 = new disket(50);
disket disk1 = new disket disket (50);



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar